Lompat ke isi utama

Berita

Sambangi Partai Golkar, Bawaslu Kota Bandung Maksimalkan Upaya Pencegahan

Sambangi Partai Golkar, Bawaslu Kota Bandung Maksimalkan Upaya Pencegahan

Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Bandung bertolak menuju sekretariat Partai Golkar Kota Bandung pada Selasa, 22 Maret 2022 waktu setempat. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menjalin komunikasi dan konsolidasi dengan parpol peserta pemilu dan pemilihan mendatang.

Kegiatan dibuka oleh Ketua  Partai Golkar Kota Bandung. Ia menyampaikan ucapan terimakasih atas agenda kunjungan kerja yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kota Bandung. Menurutnya, hal ini sebuah langkah baik untuk persiapan menghadapi Pemilu dan Pemilihan 2024 serta menjadi ajang untuk memperkuat silaturahmi dan komunikasi.

Selanjutnya, penyampaian sambutan oleh Ketua Bawaslu Kota Bandung, Zacky M Zam-Zam. Agenda kunjungan kerja ini merupakan bentuk konsolidasi hubungan antar lembaga. Selain itu, ini juga merupakan sebuah langkah awal mengingat sudah ditetapkannya waktu pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan 2024

“Kita bayangkan kompleksitas penyelenggaraan pemilu dan pilkada akan lebih daripada pemilu dan pilkada sebelumnya jadi kita perlu komunikasi terlebih dulu dan kita diamanatkan untuk melakukan pencegahan, pengawasan tahap pemilihan dan penindakan serta penyelesaian sengketa, kita harus bisa mengupayakan pencegahan dini apa saja yang bisa terjadi di pemilu dan pemilihan di masa datang”, ungkapnya.

Zacky juga menambahkan banyak hal penting yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi Pemilu dan Pemilihan 2024 mendatang dengan berkaca pada pelaksanaan Pemilu 2019 yang lalu.

“Berkaca kepada pengalaman dari Pemilu 2019, kami memotret beberapa hal yang dapat menjadi potensi kerawanan pelanggaran pemilu. Sehingga agenda hari ini adalah untuk meminimalisir hal-hal tersebut”, tambahnya.

Bawaslu memiliki 3 fungsi utama, yaitu pencegahan, pengawasan dan penindakan. Untuk pencegahan, implementasinya adalah pelaksanaaan SKPP dan yang menjadi sasaran adalah kaum milenial. Konteks pencegahan tersebut untuk menekan adanya pelanggaran yang terjadi. Selain itu, terdapat beberapa agenda pendidikan politik dan agenda yang sedang kita selenggarakan pada hari ini.