Lompat ke isi utama

Berita

Sambangi DPD Gelora, Bawaslu Kota Bandung Sampaikan Tupoksi Pengawas dan Kerawanan Pemilu

Sambangi DPD Gelora, Bawaslu Kota Bandung Sampaikan Tupoksi Pengawas dan Kerawanan Pemilu

Jumat, 18 Maret 2022 Bawaslu Kota Bandung mengunjungi DPD Partai Gelora Kota Bandung yang bertempat di Jalan Soekarno Hatta No 723. Bawaslu Kota Bandung disambut dan terima langsung oleh Bapak Tekun Abdul Karim sebagai Ketua DPD Gelora Kota Bandung, Ibu Dewi Lisna Bendahara, Wakil Sekretaris Pak Ade Subhan, Wakil Ketua Pak Bonbon, dan Wakil Ketua Bapak Agam beserta pengurus lainnya.

Dalam sambutannya Bapak Tekun menyampaikan bahwa Partai Gelora didirikan dengan visi agar Indonesia menjadi 5 besar negara terbesar di Asia. selain itu, Ketua juga berharap agar Partai Gelora bisa lolos sebagai Peserta Pemilu di Pemilu 2024 mendatang. Wakil Sekretaris menyampaikan bahwa DPC yg terbentuk sejauh ini baru 25 DPC. kurang Cinambo, Buahbatu, Bacip, Astar, Serta Sukajadi. hal tsb terjadi karna ada pengunduran diri dari beberapa orang Ketua. di Kecamatan tersebut. sehingga belum genap 30 Kecamatan terisi semua.

Dilain pihak, Bawaslu Kota Bandung menyampaikan terimakasih atas penerimaan Agenda Konsolidasi Politik yang dilakukan Bawaslu Kota Bandung. selanjutnya Ketua Bawaslu Kota Bandung menyampaikan apa yg menjadi tugas pokok dan fungsi dari Bawaslu:

  1. Pencegahan
  2. Penanganan Pelanggaran
  3. Penyelesaian Sengketa

Bawaslu lebih concern terhadap Pencegahan, maka upaya yang dilakukan yaitu mengadakan sosialisasi kerja-kerja Bawaslu, regulasi dan yang lainnya. Maka dalam rangka menyongsong tahapan Pemilu yang akan segera berlangsung, Bawaslu Kota Bandung melakukan konsolidasi demokrasi ke Partai Politik. Agar kedepan ketika tahapan berjalan, peserta pemilu dapat mengkaji bersama khususnya tentang regulasi-regulasi yang berlaku sehingga semoga kedepan tidak ada Peserta Pemilu yg melanggar regulasi-regulasi yang sudah ditetapkan.

Hal ini merupakan titik awal agar kedepan terjalin komunikasi yg baik antara penyelenggara khususnya Bawaslu dengan Partai Politik. Selain itu, Bawaslu juga sedikit menyampaikan evaluasi saat Pemilu  2019 kemarin, masih terjadi beberapa Pelanggaran. Harapannya agar tidak ada Pelanggaran yang terjadi yaitu melakukan Pencegahan. salah satunya adalah dengan melakukan Konsolidasi Demokrasi yg kami lakukan sekarang.

Farhatun Fauziyah (Koordiv Pengawasan dan Hubal) menambahkan, “dalam kontestasi tak ayal selalu ada gesekan-gesekan yang terjadi. Untuk menghindari hal tersebut, kami mengajak kepada seluruh Peserta Pemilu khususnya Partai Gelora agar senantiasa menjaga agar Pemilu berlangsung sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kedepan kami juga berharap para Peserta Pemilu komunikasi kita terjalin baik termasuk jika ada saran dan kritik untuk kami di Bawaslu silahkan”.

Wawan Kurniawan (Koordiv Hukum Humas Datin) menambahkan, “ini adalah agenda silaturahmi Bawaslu. Namun kami juga berharap ini sebagai momentum kolaborasi kami kedepan agar Pemilu kedepan berlangsung sesuai dengan peraturan perundang-undangan. maka kami membuka ruang seluas-luasnya agar kita dapat berdialog untuk menyamakan persepsi terkait regulasi yang berlaku”.

Mahali (Koordiv Penanganan Pelanggaran) menambahkan sebentar lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi, se-bagaimana disampaikan UUD Pasal 1 ayat 2, dan diturunkan dalam UU 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Maka kami berharap kedepan, para Partai Politik ini juga sama-sama memahami regulasi. Kita sebagai Bawaslu agak geram ketika ada para oknum Caleg yang melakukan Money Politik. Semoga Partai Gelora ini meskipun masih Partai baru, tapi bisa menjadi contoh bagi Partai yang lain”.

Boyke Hendrasah selaku Sekretaris DPD Partai Gelora Kota Bandung menyampaikan terimakasih kepada Bawaslu atas kesediaannya mengunjungi partai gelora yang masih dalam proses untuk menjadi Peserta Pemilu. “Kedepan kami berharap terjalinnya komunikasi yg baik antara kami dengan Penyelenggara Pemilu khususnya Bawaslu. Kami masih memproses persyaratan-persyaratan agar harapan kami lolos sebagai partai peserta Pemilu 2024 terwujud. Selain itu kami juga punya Program Akademi Manusia Indonesia, semoga kedepan Bawaslu bisa menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan yang kami selenggarakan. Selain itu juga kami sedang melakukan rekrutmen Bakal Caleg untuk persiapan Pemilu 2024”.