Lompat ke isi utama

Berita

Audiensi Bersama PERMAHI, Bawaslu Kota Bandung Sampaikan Peran Penting Mahasiswa dalam Pemilu 2024

Audiensi Bersama PERMAHI, Bawaslu Kota Bandung Sampaikan Peran Penting Mahasiswa dalam Pemilu 2024

Bandung - Bawaslu Kota Bandung Menerima audiensi sekaligus silaturahmi dari Perhimpunan Mahasiswa Hukum Indonesia (PERMAHI) di ruang rapat Bawaslu Kota Bandung, Selasa, (13/06).

Pada kesempatan ini Anggota Bawaslu Kota Bandung, Wawan Kurniawan menjelaskan secara garis besar terkait sistim kepemiluan di Indonesia.

Koordiv Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kota Bandung itu menyampaikan Bawaslu membutuhkan peran penting Mahasiswa dalam merumuskan ide ide kreatifnya untuk berkontribusi dalam pemilu.

"Pemilu ini bukan lagi menjadi hal yang ekslusif tetapi sudah menjadi bagian yang didiskusikan dibahas kemudian sama-sama didorong untuk menjadi pemilu yang jurdil," ucapnya.

Iaa juga menyampaikan beberapa contoh kasus hukum pidana di Bawaslu. Problem yang dihadapi Bawaslu dalam melakukan penegakan hukum dan harapan dalam membangun penegakan hukum.

"Teman-teman Mahasiswa bisa menjadi bagian yang menjembatani antara kehendak publik dengan kepentingan hukum yakni adanya Masyarakat yang mau menjadi saksi, pelapor dan ikut serta dalam proses mencegah terjadinya pelanggaran,"tuturnya.

"Bawaslu tidak bisa bekerja sendiri, sebagaimana prinsip penegakan hukum ketika publik itu memonitor kemudian ikut berpartisipasi dalam proses kita bisa bersama sama membangun instrument bagaimana mewujudkan tujuan hukum terciptanya masyarakat yang tertib," tutupnya.