Lompat ke isi utama

Berita

Webinar Proyeksi Penyelenggaraan Pemilu 2024, Zacky : Perlu Persiapan Maksimal Menyambut 2024

Webinar Proyeksi Penyelenggaraan Pemilu 2024, Zacky : Perlu Persiapan Maksimal Menyambut 2024

Setelah kegiatan MoU antara Bawaslu Kota Bandung dan Fisip Unpad diselenggarakan, kegiatan kemudian dilanjutkan ke acara Webinar Proyeksi Penyelenggaraan Pemilu 2024. Bertindak selaku narasumber pada kegiatan ini adalah Ketua Bawaslu Kota Bandung, Zacky M Zam Zam dan Guru Besar Ilmu Politik Unpad Prof. Sri Zul Chairiyah, MA.

Mengawali pemaparan materinya, Zacky menyampaikan beberapa dinamika yang menjadi isu utama pada penyelenggaraan Pemilu pada Tahun 2019 yang lalu. Ia menekankan bahwa Pemilu harus memiliki standar tinggi dan harus ideal berdasarkan UU 7 Tahun 2017.

“Standar pemilu yang demokratis diantaranya adalah Sistem Pemilu yang ideal berdasarkan amanat UU 7 Tahun 2017 serta kepatuhan dan penegakkan hukum pemilu”, ungkapnya pada saat mengawali pemaparan materi Webinar.

Ia juga menjabarkan dinamika yang terjadi pada saat Pemilu yang lalu serta hal-hal yang perlu dievaluasi dan dilakukan perbaikan kedepan.

“Terkait penanganan pelanggaran khususnya tindak pidana pemilu ada beberapa hal substansial yang perlu dibedah, salah satunya perbedaan pandangan daripada 3 unsur dalam sentragkkumdu, Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan. Seringkali sulit untuk menyamakan persepsi dan pandangan terkait pemenuhan unsur-unsur dugaan tindak pidana pemilu”, ungkap Zacky.

Ia juga menjabarkan hal lain yang menjadi konsentrasi Bawaslu untuk berbenah, diantaranya Keberpihakan ASN, TNI dan POLRI dalam penyelenggaraan Pemilu, Perlindungan saksi pada saat pemanggilan klarifikasi, Rekrutmen SDM penyelenggara Adhoc, dan Dinamika regulasi yang sangat cepat sehingga berpengaruh kepada tingkat pemahaman penyelenggara pemilu.