Lompat ke isi utama

Berita

Tadarus Pengawasan Pemilu, Afif : “Saat ini Kita Dalam Fase Musim Tanam”

Tadarus Pengawasan Pemilu, Afif : “Saat ini Kita Dalam Fase Musim Tanam”

BANDUNG – Koordiv Pengawasan dan Hubal Bawaslu Kota Bandung, Farhatun Fauziyah menghadiri kegiatan Tadarus Pengawasan Pemilu yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Barat, pada 19 April 2021 di Jalan Turangga No. 25, Kota Bandung, dihadiri oleh seluruh jajaran Pimpinan Bawaslu Provinsi Jawa Barat serta Koordiv Pengawasan Bawaslu RI, Afiffudin.

Tujuan utama dari program Tadarus Pengawasan Pemilu ini adalah untuk menunjukkan kinerja pengawasan, pendidikan politik, menguatkan eksistensi kelembagaan, serta membangun relasi dengan multi stakeholder dalam pendekatan keagamaan.

Mengawali sambutannya, Afif menilai bahwa kegiatan ini sebagai wadah untuk menjalin silaturahmi dan berdiskusi dengan jajaran pengawas didaerah serta mengoptimalkan hubungan yang baik dengan stakeholder.

“Tadarus sebenarnya sederhana, ini adalah acara ramah tamah kelembagaan. Pada intinya, niatan silaturahmi sudah dilakukan. Tadarus dalam arti yang kita inginkan adalah diskusi, men-daras, mengajar bersama, diskusi dan lain-lain”, ungkap Afif dalam sambutannya.

Afif juga menjelaskan bahwa kelembagaan Bawaslu saat ini sedang dalam fase musim tanam. Musim tanam yang dimaksud adalah fase dimana Bawaslu semaksimal mungkin melakukan segala persiapan yang butuhkan untuk menyambut tahapan Pemilu dan Pilkada yang akan datang di 2024.

“Intinya, kami merasa bahwa masa di luar tahapan itu adalah musim tanam. Memperbanyak pengetahuan ke masyarakat, bahkan juga melakukan pendidikan ke kader partai sehingga mereka tahu domain bernegara, aturan-aturan Pemilu, dan seterusnya. Musim tanam ini akan kita panen pada masa tahapan”, tegas Afif.

Selain itu ia juga berpesan pada musim tanam saat ini, untuk kembali memperbaiki kinerja-kinerja yang dianggap kurang maksimal sebelumnya untuk diperbaiki dan dilakukan peningkatan-peningkatan.

“Saya senang Bawaslu Kab/Kota di Jabar banyak melakukan diskusi di masing-masing Kab/ Kota.  Saya melihat itu ada geliat, ada harapan, ada usaha, ada gerakan, ada keinginan. Paling tidak, kita memelihara harapan itu dengan hal-hal yang sederhana”, pungkas Afif.

Sementara itu dalam kesempatan yang lain, Koordiv Pengawasan Bawaslu Kota Bandung menyampaikan beberapa hal untuk dapat diakomodir oleh pimpinan pusat seperti halnya, peningkatan hubungan antar lembaga dengan stakeholder terkait.

“Sedikit gagasan yang kami sampaikan terkait peningkatan hubungan antar lembaga. Ini menjadi penting kemudian serta sesuai dengan arahan pak koordiv dalam fase masa tanam ini, kita perlu adanya persiapan hubungan yang baik dengan stakeholder demi peningkatan eksistensi dan kinerja kita”, ungkap Farhatun Fauziyah diakhir sesi kegiatan.