Lompat ke isi utama

Berita

Sosialisasi Hasil Pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2020

Sosialisasi Hasil Pengawasan Pilkada Serentak Tahun 2020

BANDUNG – Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Bandung menghadiri kegiatan Sosialisasi Hasil Pengawasan Pilkada serentak di tahun 2020 yang diselenggarakan Bawaslu RI, pada Kamis, 29 April 2021, di Courtyard By Marriot Hotel, Kota Bandung. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Komisi 2 DPR RI serta TA Pengawasan Bawaslu RI.

Dalam sambutannya, Zacky menyampaikan rasa terimakasih atas undangan yang disampaikan. Ia juga menjelaskan bahwa wilayah Kota Bandung tidak dalam masa penyelenggaraan Pilkada 2020.

“Pilkada 2020 ini, wilayah Kota Bandung tidak menyelenggarakan Pilkada, namun secara menyeluruh daerah sekitar Bandung Raya beberapa ada yang menyelenggarakan Pilkada, sehingga kami di Kota Bandung juga mengkuti isu dan informasi yang berkembang”, ungkap Zacky dalam sambutannya

Zacky juga menilai bahwa pelaksanaan Pilkada 2020 ini dapat disyukuri bersama karena tidak menimbulkan cluster covid yang baru sebagaimana banyak yang dituduhkan dan diragukan oleh banyak kalangan.

Senada dengan Zacky, TA Pengawasan Bawaslu RI, Cak Masykur juga menyampaikan banyak tekanan dan intimidasi kepada penyelenggara yakni Bawaslu dan KPU dalam agenda penyelenggaraan Pilkada 2020 yang lalu.

“Kami Bawaslu dan KPU Sering dipanggil untuk dimintai keterangan. Kami juga sering mendapat tekanan oleh banyak pihak. Sering dicurigai akan menimbulkan Cluster Covid baru karna bertindak sebagai penyelenggara Pilkada 2020” ungkap Cak Masykur dalam sambutannya.

Ia juga menjelaskan bahwa Indonesia sukses melaksanakan Pilkada dimasa pandemi, dibandingkan dengan negara-negara lain yang mengalami kondisi yang serupa.

“Secara prosedur kita berhasil di protokol kesehatannya, jika dibandingkan dengan negara lain. Namun masih menyisakan banyak catatan evaluasi pelaksanaan. Sebagaian berhasil, dan sebagaian memiliki catatan”, ungkap Masykur.

“Harapannya adalah, kita sebagai penyelenggara KPU dan Bawaslu dan rekan-rekan di parpol sebagai kontestasi sangat bertanggungjawab untuk menyukseskan Pemilu dan Pilkada 2024”, pungkasnya.