Lompat ke isi utama

Berita

Rangkul Organisasi/Komunitas Perempuan, Bawaslu Kota Bandung Tingkatkan Paritisipatif

Rangkul Organisasi/Komunitas Perempuan, Bawaslu Kota Bandung Tingkatkan Paritisipatif

BANDUNG – Bawaslu Kota Bandung menggelar kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dalam rangka menghadapi Pemilu dan Pemilihan 2024 pada Rabu, 7 September 2022.

Ditengah tahapan pesta demokrasi yang terus berjalan, berbagai upaya terus dilakukan penyelenggara guna menyukseskan Pemilu dan Pilkada 2024. Bawaslu Kota Bandung dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu, menggandeng organisasi perempuan guna memperkuat pengawasan Pemilu.

Ketua Bawaslu Jawa Barat, Abdullah mengatakan, Perempuan menjadi salah satu titik konsen Bawaslu khususnya dalam hal peningkatan pemahaman akan politik, mengingat sering kali perempuan di jadikan korban akibat ketidaktahuan mereka dalam upaya mencari keuntungan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab.

"Bagi Bawaslu pengawasan partisipatif ini menjadi agenda prioritas kami, dan khususnya menyasar kepada kelompok perempuan. Karena kami ketahui juga perempuan ini sebagai pemilih strategis dalam komposisi pemilih kita dan juga perempuan ini sering kali menjadi sasaran kontestan ketika pemilihan dalam kampanyenya dalam mensosialisasikannya maka dari itu perempuan perlu di berikan edukasi yang sangat tinggi, agar perempuan tidak dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,"ungkapnya seusai membuka Kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif dengan Organisasi Perempuan, yang di gelar Bawaslu Kota Bandung. Rabu (7/9/2022).

Lebih lanjut dikatakannya, perempuan itu menjadi pilar yang sangat penting untuk mendongkrak partisipasi yang lebih dalam, sehingga edukasi sangat diperlukan untuk perempuan.

"Partisipasi yang lebih dalam ini tidak hanya dalam hal menyalurkan hak pilihnya saja tetapi juga dalam hal pengawasannya, nah perempuan ini menjadi pilar penting yang terus kita dorong keaktifannya dalam berpolitik,"katanya.

Dengan aktifnya perempuan dalam pengawasan partisipatif pemilu Abdullah meyakini, sinergitas positif antara pengawas dan organisasi perempuan akan terbentuk sehingga pemilu yang aman dan berkualitas bisa di wujudkan di Jawa Barat.

"Maka dari itu dengan hadirnya perempuan aktif lebih dalam baik dalam hal pengawasan, melaporkan jika di temukan adanya pelanggaran, kami meyakini sinergitas positif akan terbentuk dan hal itu akan membawa pemilu di Jawa Barat aman dan berkualitas,"tandasnya.