Lompat ke isi utama

Berita

Rakor Divisi Humas : Bedah Teknis Penulisan Berita dan Pengelolaan Website

Rakor Divisi Humas : Bedah Teknis Penulisan Berita dan Pengelolaan Website

CIANJUR - Wawan Kurniawan (Koordiv Humas) serta Maulana Fatahudin (Koorsek) Bawaslu Kota Bandung mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Divisi Humas Bawaslu Kab/Kota Se-Jawa Barat. Giat ini dilaksanakan pada Senin – Selasa, 19-20 Oktober 2020, di Zuri Resort Cipanas, Kabupaten Cianjur dan dihadiri oleh seluruh jajaran Pimpinan Bawaslu Jawa Barat dan dibuka oleh Pimpinan Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar.

Mengawali sesi penyampaian materi, Asep Saefullah (jurnalis) selaku narasumber, menyampaikan beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam penulisan berita yang baik dan juga menarik perhatian publik untuk membacanya.

Menurutnya, berita memiliki peran yang sangat vital dalam penyampaian informasi kepada publik akan isu-isu terkini yang terjadi. Tulisan yang bagus memaparkan soal yang kongkret dan spesifik. Salah satu caranya adalah dengan menghindari kata-kata sifat seperti tinggi, kaya, cantik. Rubah pernyataan yang kering dan kabur menjadi paragraf berisi ilustrasi memukau.

“Penulisan berita menggunakan maksimal 14 kata dalam satu kalimat, tujuannya agar pembaca dapat menikmati bahan bacaannya. Dalam menulis, tulislah berita jadi, dan bernilai berita pada umumnya. Pemilihan redaksi judul harus diperhatikan, untuk menarik perhatian pembaca”, jelas Asep dalam menyampaikan materi Penulisan Berita.

Senada dengan Asep, Tenaga Ahli Bawaslu RI Bidang Kehumasan, Sulistyo juga menyampaikan peran humas yang begitu penting untuk mengangkat citra dan nama baik lembaga. Humas harus dapat mengambil peran ketika beredarnya isu-isu yang meresahkan. Humas juga memainkan peran sebagai pengalih isu agar fokus utama publik dapat diarahkan kepada hal-hal yang lebih substansial, juga meredam berita hoaks yang beredar dimasyarakat.

“Humas memiliki peran dalam menjaga reputasi, menciptakan citra baik Bawaslu, dan mengkomunikasikan segala bentuk informasi tentang Bawaslu kepada publik. Penulisan berita dalam bawaslu menjadi aktualisasi yg positif untuk kita menyampaikan hal hal yang strategis tentang kepemiluan”, ujar Sulastyo dalam penyampaian materi kehumasan (Senin,19/10/2020).