Lompat ke isi utama

Berita

Panwaslu Kota Bandung Raih Award Kategori Penyelesaian Sengketa Terbaik Pilkada 2018

Panwaslu Kota Bandung Raih Award Kategori Penyelesaian Sengketa Terbaik Pilkada 2018

Pemilihan Kepala Daerah 2018 yang berjalan aman, lancar dan tanpa ekses di Kota Bandung. Menunjukan betapa tingginya kedewasaan masyarakat Kota Bandung dalam menghadapi pemilihan kepala daerah.

Meski sempat beberapa kali terjadi sengketa di Kota Bandung mulai dari Sengketa Pendaftaran bakal calon walikota Bandung dari jalur independen. Hingga permasalahan permasalahan ketika masa kampanye namun hal tersebut bisa di atasi dengan baik oleh Bawaslu Kota Bandung atau yang semula di Kenal Panwaslu Kota Bandung sehingga tidak menimbulkan kericuhan seperti yang terjadi di beberapa kota kabupaten lainnya di Jawa Barat

Hal inipun sontak saja mengantarkan Bawaslu Kota Bandung meraih penghargaan Bawaslu Jabar Award dalam kategori penyelesaian sengketa terbaik pada Pilkada serentak 2018 mengalahkan rekan rekan dari Bawaslu Kota Kabupaten lainnya se Jawa Barat. 

Ketua Panwaslu Kota Bandung Zacky Muhammad kepada RRI mengemukakan rasa bahagianya bisa mendapatkan penghargaan seperti ini. Dan ia pun menilai hal ini bisa menjadi acuan serta motivasi bagi seluruh tim Bawaslu Kota Bandung untuk terus meningkatkan pengawasan pada pemilu legislatif dan presiden 2019 yang saat ini tengah berlangsung.

Zacky pun menambahkan kesadaran dan kedewasaan warga Kota Bandung lah yang menjadi penentu suksesnya pemilihan kepala daerah 2018 lalu di Kota Bandung.

"Saya sangat bersyukur sekali. Panwaslu Kota Bandung berhasil meraih penghargaan pada nominasi Penyelesaian sengketa terbaik pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2018 yang lalu. Sayapun sangat mengapresiasi seluruh jajaran yang bisa bekerja keras bersama sama dengan solid dan kompak dalam memberikan sosialisasi hingga penanganan sengketa sehingga Kota Bandung menjadi salah satu kota ter aman dalam pelaksanaan pilkada kemarin. Sayapun memberikan apresiasi setinggi tingginya bagi warga Kota Bandung karena berkat kesadaran dan kedewasaan warga Kota Bandung lah ke khawatiran seluruh kalangan akan terjadinya bentrok di Bandung akibat warganya yang sangat kritis. Bisa di patahkan dan hal ini memberikan nilai positif bagi Warga Bandung agar bisa menjadi contoh bagi warga dari daerah daerah lain khususnya di Jawa Barat" Jelas Zacky

Ketika di singgung terkait langkah apa saja yang di siapkan Bawaslu Kota Bandung guna menghadapi Pileg Pilpres 2019.

Zacky pun menjelaskan pengawasan ketat dan koordinasi bersama seluruh instansi terkait guna menyukseskan pileg pilpres akan terus di lakukan. Dan ia pun mengharapkan seluruh tim dari Bawaslu Kota, bisa lebih meningkatkan konsentrasinya dalam menghadapi Pileg Pilpres 2019 hal tersebut guna menyandingkan kesuksesan penyelenggaraan Pilkada 2018 dengan Pemilu 2019 yang aman, Lancar dan Tanpa Ekses.

"Menghadapi Pileg Pilpres yang pasti kami akan terus meningkatkan pengawasan dan memperkuat koordinasi dengan seluruh instansi terkait lainnya. Selain itu saya pun mengharapkan seluruh tim dari Panwaslu Kota Bandung bisa meningkatkan konsentrasinya dalam menghadapi Pileg Pilpres jangan sampai karena telah mendapatkan penghargaan seperti ini. Justru malah membuat barisan Panwslu lengah. Kita harus bisa membuat Kota Bandung menjadi kota teraman dalam penyelenggaraan pesta demokrasi baik 2018 maupun 2019" Pungkas Zacky.