Lompat ke isi utama

Berita

Mewujudkan Pemilu Dan Pemilihan Serentak 2024 yang Inklusif Melalui Data yang Aksesibel

Mewujudkan Pemilu Dan Pemilihan Serentak 2024 yang Inklusif Melalui Data yang Aksesibel

BANDUNG – Ketua Bawaslu Kota Bandung menghadiri undangan KPU Kota Bandung dalam kegiatan Obrolan Politik dan Demokrasi (OPSI) pada Rabu, 17 November 2021 di Hotel Grand Tebu Kota Bandung. Kegiatan dihadiri oleh perwakilan stakeholder Kota Bandung.

Kegiatan ini merupakan ciri khas di KPU Kota Bandung yang diselenggarakan setiap tahun. Opsi pada tahun ini membahas tentang “Mewujudkan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 Yang Inklusif Melalui Data Yang Aksesibel”, apabila tidak ada perubahan terkait Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 maka tahun depan (2022) sudah memasuki masa tahapan, walaupun belum di ketok palu (disahkan).

Kegiatan ini bertujuan untuk memetakan segala permasalahan pada kelompok disabilitas baik hambatan mobilitas, pengelihatan, pendengaran dan lain lain. Selain itu juga untuk mempererat silaturahmi dan juga menguatkan sinergitas antar penyelenggara dan stake holder, agar pada tahapan Pemilu dan Pemilihan pada tahun 2024 nanti dapat berjalan baik dan lancar.

Berkaca pada masa tahapan Pemilu sebelumnya, terdapat kesulitan dan hambatan dalam pendataan terhadap kaum disabilitas, dan kurang nya informasi yang dapat di akses oleh kelompok disabilitas, namun untuk saat ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Kementerian Sosial akan turut membantu dengan program pendataannya agar pada Pemilu dan Pemilihan mendatang seluruh Masyarakat dapat ikut serta dan menggunakan hak pilihnya.