Lompat ke isi utama

Berita

Launching Sistem Jaringan Informasi (SIJARI) : Peningkatan Kapasitas Hubungan Antarlembaga

Launching Sistem Jaringan Informasi (SIJARI) : Peningkatan Kapasitas Hubungan Antarlembaga

BANDUNG – Koordiv Pengawasan dan Hubal Bawaslu Kota Bandung mengikuti kegiatan Launching Sistem Jaringan Informasi Hubungan antar lembaga yang diselenggarakan oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia, pada Selasa 27-29 April 2021. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu, DKPP dan Koordinator pengawasan pejabat struktural serta dan undangan eksternal pemantau pemilu.

Mengawali sambutannya, Kepala Biro Fasilitas Pengawasan Bawaslu menyampaikan bahwa Bawaslu merupakan badan yang memiliki tugas pokok dan fungsi terhadap seluruh tahapan pemilu. Menurutnya, pelaksanaan hubungan dan kerjasama antar lembaga dengan pemangku kepentingan maka perlu ditingkatkan dibentuk inovasi peluncuran SIJARI.

“Inovasi peluncuran SIJARI ini adalah untuk memudahkan masyarakat untuk mendapatkan akses keterbukaan publik, peluncuran SIJARI yaitu berbasis website”, ungkapnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Sistem Jaringan Informasi hubal sangat diperlukan keberadaannya semenjak 2008, untuk penyimpanan file kesepakatan dan kerjasama.

“Data MOU kita masih menyimpan secara manual sehingga ketika untuk menindaklanjuti, sulit mencari file. Maka jika sebuah file disimpan dalam aplikasi bisa memudahkan kita untuk menindaklanjuti dengan pemangku kepentingan lainnya”, jelasnya.

Pada kesempatan ini ia menyampaikan bahwa Bawaslu bekerjasama dengan pihak eksternal sebanyak 75 MoU diantaranya, 33 MoU sudah tenggang waktu, 36 kerjasama MOU yang masih berjalan dan 6 kerjasama yang akan berakhir.

“Didalam kegiatan ini sudah ada 26 Provinsi yang mengikuti secara daring dan 514 Kab/Kota yang mengikuti peluncuran SIJARI dan berlangsung 3 hari 27-29 April 2021”, pungkasnya.

Sementara itu Koordiv Pengawasan Bawaslu RI, Afifuddin menyampaikan bahwa “beberapa kerjasama dan kesepakatan dengan beberapa lembaga disimpan secara manual, jadi kita agak sulit untuk mengecek kapan kerjasama itu berakhir, bahkan untuk menindaklanjuti dari kerjasama yang sudah kita lalui pun terkadang kita sulit mencari data atau dokumennya”, tegas Afif pada kegiatan Launching SIJARI.

Senada dengan Afif, Fritz menyampaikan kepada seluruh jajaran yang hadir bahwa Bawaslu mempunyai tugas untuk menegakkan keadilan dan mengajak partisipasi masyarakat dalam berbagai kegiatan.

“Kita punya inovasi menjadikan Bawaslu yang modern dengan keterbukaan informasi maka kita bisa melihat kerjasama antar lembaga 2021, untuk konsolidasi Bawaslu kita agar lebih terstruktur bisa melihat apa yang sudah dilakukan”, tegas Fritz.

Selanjutnya paparan Ketua Bawaslu RI, Abhan sekaligus meresmikan kegiatan Launching SIJARI ini menyampaikan beberapa hal untuk ditindaklanjuti. Menurutnya SIJARI adalah mediator utama untuk kordinasi dan kerjasama dengan banyak fitur pemangku kepentingan, publikasi, layanan informasi, dokumen dengan menghubungkan kontak dan chat untuk menjawab kordinasi dan kerjasama.

“SIJARI ini untuk menginformasikan beberapa banyak kerjasama kita dan juga dengan SOTK yang baru yang membawa perubahan ritme kerja semakin dinamis, hubungan antar lembaga ada dibawah biro fasilitas pengawasan pemilu dengan teknis penguatan kerjasama dibimbing secara teknis, penguatan kerjasama semakin kokoh”, tegas Abhan

“Bismillah, saya resmikan SIJARI dan kita saksikan bersama launching sistem jaringan informasi hubungan antar lembaga Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia”, pungkas Abhan sekaligus meresmikan kegiatan.