Lompat ke isi utama

Berita

Jelang 9 Desember, Bawaslu Kab/Kota Se-Jabar Terjun Kelapangan Lakukan Patroli dan Pengawasan

Jelang 9 Desember, Bawaslu Kab/Kota Se-Jabar Terjun Kelapangan Lakukan Patroli dan Pengawasan

BANDUNG – Ketua Bawaslu Kota Bandung, Zacky M Zam Zam menghadiri Rapat Koordinasi Ketua Bawaslu Kab/Kota Se-Jawa Barat yang diselenggarakan oleh Bawaslu Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan diruang rapat Bawaslu Provinsi Jawa Barat dalam rangka untuk mempersiapkan strategi pengawasan jelang 9 Desember mendatang.

Ketua Bawaslu Jawa Barat, Abdullah menyampaikan beberapa arahan penting terkait persiapan jelang 9 Desember. Abdullah menghimbau agar memastikan seluruh jajaran pengawas diwilayah masing-masing, bebas dari Covid-19.

“Jika ada pasukan yang harus di tes covid, silahkan gunakan anggaran yang tersedia. Jangan menunggu di berikan oleh pemda. Kita juga sudah menganggarkan 10% untuk digunakan penanganan covid”, tegas Abdullah dalam membuka rapat koordinasi.

Abdullah juga menyampaikan bahwa pentingnya komitmen dari seluruh Kab/Kota untuk menyukseskan Pilkada Tahun 2020 dan menjaga kerahasiaan data.

“Rakor ini diadakan sebagai komitmen kita menyukseskan pilkada serentak 2020. Jadi bukan hanya tugas 8 kab/kota yang melaksanakan pilkada, tapi 19 kab/kota lain yang tidak melaksanaka  pilkada juga ikut mengawal pilkada 2020 besok lusa. Juga perlu untuk memperhatikan kerahasiaan data. Jangan sampai ada kebocoran hasil pilkada sebelum pleno kpu.”, tegasnya.

Senada dengan Abdullah, Koordiv Pengawasan Bawaslu Jawa Barat, Zacky Hilmi menyampaikan bahwa dirinya sedang melakukan patroli dan pengawasan didaerah karawang. Ia berpesan kepada seluruh jajaran untuk memperhatikan betul protokol kesehatan jelang pemungutan suara.

“Saya sedang di Karawang melaksanakan pembersihan APK. Ada 300 lebih KPPS yang reaktif, namun tetap menjadi petugas KPPS. Aspek jaminan fasilitas kesehatan di tps juga tolong diperhatikan, serta koordinasi dengan satgas covid, harus dilibatkan dalam proses pemungutan dan perhitungan suara, agar tidak ada kerumunan dan protokol kesehatan tetap terjaga”, tegas Zacky Hilmi saat menyampaikan arahan melalui virtual meeting.