Lompat ke isi utama

Berita

Hadiri Studium Generale, Zacky Ajak Mahasiswa Untuk Menjadi Kader Pengawasan Partisipatif

Hadiri Studium Generale, Zacky Ajak Mahasiswa Untuk Menjadi Kader Pengawasan Partisipatif

Kamis, 23 Desember 2021, Ketua Bawaslu Kota Bandung menghadiri undangan kegiatan “Studium Generale, Pembukaan Pelatihan Instruktur Dasar Nasional PC IMM Kota Bandung”  bertempat di Aula Al-Irfani di Kota Bandung. Bertindak sebagai narasumber, Zacky mengajak para mahasiswa untuk terlibat aktif dan menjadi Kader Pengawas Partisipatif.

Menurutnya, gerakan mahasiswa merupakan bagian yang didefinisikan sebagai upaya kolektif untuk memajukan, melawan atau bahkan menciptakan perubahan dalam sebuah tatanan kelompok atau masyarakat.

“Dengan konstitusi moral intelektual, gerakan mahasiswa mengambil peran sebagai kekuatan penyeimbang, tidak hanya sebatas gerakan moral tetapi peran politik gerakan mahasiswa harus berkembang pada aksi-aksi politik melalui bekerja sama dengan berbagai unsur kekuatan oposisi untuk melanjutkan perubahan”, ungkap Zacky saat menyampaikan pemaparannya sebagai narasumber.

Ia juga menegaskan kaum mahasiswa untuk paham betul atas peran dan tanggungjawab yang diemban selama menjadi mahasiswa.

“ada 2 peran sejarah yang bisa dilakukan oleh gerakan mahasiswa dalam konstalasi sosial politik, yaitu agent of change dan director of change”, tegasnya

Terakhir ia menjabarkan peran mahasiswa sebagai Civil Society, sebagai penjaga demokrasi sehingga demokrasi menjadi landasan utama dalam sistem pemerintahan, Civil Society akan menuntuk transparansi kinerja pemerintah, dan peran mahasiswa dalam pembangunan demokrasi.

“Dengan pemikirannya mahasiswa berperan sebagai aktor perubahan, dengan keilmuannya sebagai pengawas kebijakan publik, dengan keberaniannya sebagai pelindung dan penyambung aspirasi rakyat, dengan kualitasnya sebagai calon pemimpin masa depan bangsa dan negara”, pungkasnya.