Lompat ke isi utama

Berita

Gelar E-Volution Class Eps.3, Zacky : Bawaslu Butuh Masukan Akademisi Untuk Perubahan Regulasi

Gelar E-Volution Class Eps.3, Zacky : Bawaslu Butuh Masukan Akademisi Untuk Perubahan Regulasi

BANDUNG – Bawaslu Kota Bandung kembali menggelar E-Volution Class untuk ketiga kalinya pada Rabu, 9 Juni 2021 bertempat di Sekretariat Bawaslu Kota Bandung, Jl. Tanjungsari No. 65, Antapani, Kota Bandung.

Dalam menyampaikan sambutannya, Zacky M Zam Zam selaku Ketua Bawaslu Kota Bandung mengungkapkan tujuan dan maskud dari kegiatan E-Volution Class ini untuk menerima masukan-masukan dari civitas akademika untuk perubahan potret regulasi.

“Kami dari penyelenggara pemilu, khususnya Bawaslu Kota Bandung mengharapkan partipasi publik ini kian meningkat, tidak hanya dalam konteks pemenuhan hak politik sebagai warga negara, tapi kita lebih jauh mengharapkan peran yang lain seperti dalam pengawasan dan pelaporan setiap tahapan”, ungkap Zacky.

Ia menilai apabila masyarakat dapat melakukan hal seperti itu, lebih terbuka dan peka akan hak dan kewajiban politiknya untuk mengawal seluruh tahapan penyelenggaraan, maka merupakan hal yang baik untuk jalannya roda demokrasi.

“Apabila masyarakat sadar akan kewajiban politiknya untuk turut serta mengawal semua tahapan penyelenggaraan, kita Bawaslu sangat optimis bahwa kemudian Pemilu dari tahun ke tahun akan lebih baik, berintegritas dan bermartabat yang tentu akan melahirkan pemimpin yang berkualitas”, tambahnya.

“Kami dari Bawaslu ingin menerima masukan dari akademisi dan mahasiswa terkait proses problematika penanganan pelanggaran di Bawaslu khususnya, karena Bawaslu sebagai salah satu penegak hukum pemilu, sehingga ada rekomendasi yang kita capai dari webinar kali ini dan ada perubahan potret regulasi kedepannya”, pungkas Zacky.