Lompat ke isi utama

Berita

E-volutions Class, Zacky : Upaya Bawaslu Kota Bandung meningkatkan Partisipasi Politik Kaum Milenial

E-volutions Class, Zacky : Upaya Bawaslu Kota Bandung meningkatkan Partisipasi Politik Kaum Milenial

BANDUNG – Bawaslu Kota Bandung menyelenggarakan program diskusi online yang bernama E-volution Class. Program ini memiliki tujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat khususnya generasi milenial di Kota Bandung. Pada edisi pertama hari ini, E-volution Class mengangkat tema “Kaum Milenial dan Masa Depan Partisipasi Politik di Kota Bandung”, Selasa, 27 April 2021 di Sekretariat Bawaslu Kota Bandung, Jalan Tanjungsari No. 45 Kota Bandung

Program ini dihadiri oleh Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Abdullah Dahlan selaku Keynote Speech serta seluruh jajaran Ketua dan Anggota Bawaslu Kota Bandung. Bertindak selaku narasumber pada kegiatan kali ini adalah Ferry Kurnia Rizkyansyah (Direktur Eksekutif Netgrit).

Selaku Ketua Bawaslu Kota Bandung, Zacky menjelaskan bahwa E-volution Class ini merupakan program berupa diskusi serta sharing mengenai isu-isu kepengawasan, demokrasi serta politik partisipatif kaum milenial.

“Kaum milenial ini adalah kaum yang sangat strategis untuk diberdayakan, sebagai wadah tumbuh dan berkembangnya demokrasi di Indonesia kearah yang lebih baik”, ungkap Zacky mengawali sambutannya dalam giat ini.  

Selain itu dirinya mengungkapkan bahwa program ini merupakan salah satu bentuk pelaksanaan amanah dari undang-undang, yakni memberikan perndidikan politik dan sosialisasi peraturan pemilu kepada masyarakat, khususnya kaum milenial di Kota Bandung.

“Pemilih di Kota Bandung 30%-nya adalah kaum milenial berdasarkan penelitian dan survey, maka dari itu Bawaslu sebagai lembaga pengawas pemilu memiliki tugas untuk memberdayakan kaum milenial untuk turut serta berpartisipatif dalam mengawal pelaksanaan tahapan pemilu dan pilkada mendatang”, jelas Zacky.

Sebagai informasi bahwa Program ini juga bertujuan untuk membentuk karekter kaum mileneial untuk  tidak apatis terhadap hal politik dan aktif dalam bentuk pengawasan partisipatif yang akan diselenggarakan berkelanjutan untuk menggaet seluruh kaum milenial yang ada, khususnya di wilayah Kota Bandung.