Lompat ke isi utama

Berita

Diskusi SKPP Daring Bawaslu Kota Bandung Sesi-I

Diskusi SKPP Daring Bawaslu Kota Bandung Sesi-I

BANDUNG – Rabu 03 Juni 2020, Bawaslu Kota Bandung mengadakan kegiatan Diskusi SKPP Daring, yang diikuti oleh seluruh peserta yang berasal dari Kota Bandung. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan pembelajaran SKPP Daring Bawaslu, setelah sebelumnya peserta mengikuti pembelajaran visual yang dimulai tanggal 02 Mei 2020. Turut hadir dalam diskusi ini, Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat Abdullah Dahlan, Jajaran Pimpinan Bawaslu Provinsi Jawa Barat Sutarno dan Lolly Suhenti serta Pimpinan Bawaslu Kota Bandung, Zacky M Zam-Zam dan Farhatun Fauziyyah.

Mengawali sambutannya, Ketua Bawaslu Kota Bandung, Zacky M Zam-Zam menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta yang masih semangat dalam mengikuti kegiatan SKPP Daring ini. Menurutnya, antusias peserta SKPP Daring di Kota Bandung sangat luar biasa, karena Bawaslu Kota Bandung menjadi penyumbang jumlah peserta terbanyak se- Jawa Barat.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada seluruh peserta SKPP Daring yang sudah bersedia berpartisipasi menjadi kader pengawasan dalam kegiatan ini. Walaupun dalam kondisi pandemi seperti ini, tidak menyurutkan semangat rekan-rekan untuk terus menggali ilmu dan wawasan kepemiluan pada kegiatan SKPP Daring”, tutur Zacky.

“Informasi yang kami peroleh, dari 227 peserta yang terdaftar, sekitar 163 Peserta yang dinyatakan lolos untuk mengikuti diskusi daring. Ini membuat Kota Bandung sebagai penyumbang jumlah Kader terbanyak se- Jawa Barat”, imbuhnya.

Zacky menilai, dengan besarnya animo generasi milenial untuk turut serta berpartisipasi menjadi Kader Pengawasan SKPP di Kota Bandung, merupakan prospek yang positif untuk menghadapi Pemilu maupun Pemilihan yang akan datang.

“Walapun tahun ini Kota Bandung tidak mengadakan Pemilihan, hal itu tidak melunturkan visi misi lembaga kami dalam membentuk kader-kader pengawasan partisipatif sebagaimana amanah konstitusi”, jelasnya.

“Peserta SKPP Daring Bawaslu Kota Bandung yang saat ini sedang mengikuti pembelajaran akan menjadi agen kami, untuk turut mengawasi penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan yang akan datang. Kedepan, kami mohon kerja sama kepada peserta SKPP Daring untuk membantu kami dalam mengawasi dan menegakkan keadilan Pemilu maupun Pemilihan di Kota Bandung”, tambahnya.

Menutup sambutannya, Zacky menyampaikan rasa terimakasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi.

“Semoga kita dapat terus berdiskusi terkait wawasan dan pengetahuan tentang Pemilu maupun Pemilihan.  Harapan saya, dengan adanya partisipasi rekan-rekan untuk menjadi kader pengawasan partisipatif, akan meningkatkan pengetahuan, literasi kepemiluan serta  kualitas kepemiluan kita saat ini maupun yang akan datang menjadi lebih baik”, pungkas Zacky.

Sebelum memulai kegiatan diskusi, Lolly Suhenti selaku Pimpinan Bawaslu Provinsi Jawa Barat turut menyampaikan sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan Diskusi SKPP Daring. Lolly menyampaikan bahwa seluruh peserta yang berhak mengikuti diskusi ini merupakan peserta terpilih yang dinyatakan lulus, karena sudah melalui proses pembelajaran.

“Perlu diketahui bersama, ini merupakan tahap kedua dari serangkaian pembelajaran SKPP dengan metode Daring. Sahabat yang berada dalam grup diskusi ini sudah melalui pembelajaran audio visual sebelumnya. Metode ini diterapkan dalam rangka memastikan kader pengawasan memiliki pemahaman yang baik, sehingga saat terjun ke masyarakat nanti sudah siap secara teori dan kekuatan mental”, tutur perempuan yang akrab disapa Teh Lolly.

“Waktu untuk berdiskusi tidak banyak, maka dari itu mari kita manfaatkan seluruh pembelajaran dari diskusi  ini dengan  sebaik-baiknya. Insyallah ini akan menguatkan kita semua, berbagi cerita dan pengalaman bersama Bawaslu Provinsi Jawa Barat dan Bawaslu Kota Bandung. Nanti kita akan diskusi secara dinamis. Sekali lagi saya ucapkan selamat mengikuti pembelajaran sebaik-baiknya”, pungkasnya.

 

Penulis      :  Mohammad Ichmal, S.H.

Editor        :  Humas Bawaslu Kota Bandung