Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Tinjau Kesiapan KPU Melaksanakan Verifikasi Administrasi

Bawaslu Tinjau Kesiapan KPU Melaksanakan Verifikasi Administrasi

BANDUNG – Ketua Bawaslu Kota Bandung bertolak menuju Kantor KPU Kota Bandung dalam rangka meninjau kesiapan KPU Kota Bandung melakukan verifikasi administrasi partai politik peserta pemilu tingkat Kota Bandung pada Rabu, 17 Agustus 2022.

Berdasarkan PKPU 4 Tahun 2022 menjelaskan bahwa setelah KPU RI melakukan verifikasi administrasi keanggotaan dan kepengurusan partai politik tingkat Kab/Kota. Terhadap pelaksanaan verifikasi administrasi tersebut, jika menemukan potensi adanya data ganda dan tidak memenuhi syarat, maka KPU RI menyampaikan hasil verifikasi tersebut kepada KPU Kab/Kota untuk dilakukan verifikasi administrasi lebih lanjut.

Hasil pengawasan Bawaslu Kota Bandung bahwa Sampai per hari ini, KPU RI baru mengirim data sebanyak 22 Partai dari 24 Parpol untuk dilakukan proses Verifikasi Administrasi oleh KPU Kota Bandung.

KPU RI mempunyai sistem yang dapat menganalisa kegandaan secara otomatis terhadap data parpol pada sistem SIPOL, yang data tersebut nantinya di distribusikan ke KPU Kabupaten/ Kota untuk dilakukan Verifikasi Administrasi.

User akun SIPOL KPU Kota Bandung berbeda tampilan dengan akun SIPOL Bawaslu Kota Bandung, dalam data keanggotaan Parpol, user SIPOL KPU Kota Bandung dapat melihat data NIK, Jenis Kelamin, Pekerjaan dan Tanggal Lahir.

Hasil Verifikasi Administrasi oleh KPU Kota Bandung bagi yang Belum Memenuhi Syarat (BMS) akan langsung diterima melalui sistem SIPOL Partai Politik untuk memperbaiki data hasil Verifikasi Administrasi tersebut.