Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu Jabar Selenggarakan Pelatihan Peningkatan Kualitas Penegakan Hukum Pilkada

Bawaslu Jabar Selenggarakan Pelatihan Peningkatan Kualitas Penegakan Hukum Pilkada

BANDUNG – Wawan Kurniawan (Koordiv Hukum Humas Datin) mengikuti kegiatan peningkatan kualitas penegakan hukum yang diselenggarakan oleh Bawaslu Jawa Barat, Senin 16 November 2020 di Sekretariat Bawaslu Jawa Barat. Kegiatan diikuti oleh seluruh koordiv hukum Bawaslu Kab/Kota se-Jawa Barat.

Kegiatan ini mengangkat tema “Investigasi & Interogasi, Pemenuhan Unsur Pidana Pemilihan Dan Penyelesaian Pelanggaran Administrasi Pemilihan”. Dihadiri oleh Pimpinan Bawaslu Jawa Barat Yusuf Kurnia (Koordiv Hukum) dan beberbagi narasumber.

Kegiatan diawali dengan pembukaan yang disampaikan oleh Yusuf Kurnia, lalu seluruh jajaran peserta yang hadir melakukan praktek penulisan Legal Opinion dan Strategi Hukum dalam memecahkan suatu kasus.

Yusuf Kurnia menyampaikan apresiasi yang setinggi-tinggi kepada seluruh jajaran yang sudah hadir dan cukup antusias mengikuti pelatihan hari ini. Dirinya menghimbau kepada seluruh jajaran untuk memanfaatkan momen kali ini sebaik-baiknya.

“Kegiatan ini harus kita manfaatkan sebaik mungkin, untuk menambah skill advokasi hukum dan menambah wawasan hukum kepemiluan”, ujarnya saat membuka kegiatan.

Setelah pembukaan, peserta yang hadir saat itu dibagi antara komisioner yang hadir dan staf yang mendampingi mengerjakan soal ditempat yang terpisah. Peserta sendiri dipecah menjadi 3 kelompok kerja, yakni soal pidana, kode etik dan tata usaha negara.

Peserta diberikan waktu selama dua setengah jam untuk mengerjakan legal opinion dan strategi hukum berdasarkan soal cerita yang disediakan oleh panitia. Setelah mengumpulkan semua, hasil dari masing-masing kab/kota dibahas bersama narasumber yang hadir.

Pada kesempatan itu, Kota Bandung menyampaikan hasil kerjanya dihadapan seluruh peserta dan narasumber. Setelah menyampaikan, dilanjutkan sesi pemaparan materi oleh narasumber dan perbaikan-perbaikan atas hasil kerja dari para peserta dan dilakukan penilaian oleh panitia.