Lompat ke isi utama

Berita

Bagja : SKPP Adalah Wadah Munculnya Kesadaran Masyarakat

Bagja : SKPP Adalah Wadah Munculnya Kesadaran Masyarakat

BANDUNG – Rabu, 16 Juni 2021 Bawaslu Provnsi Jawa Barat telah menggelar kegiatan Pelatihan bagi fasilitator dalam pelaksanaan SKPP mendatang. Pada penutupan kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan Bawaslu RI, Rahmat Bagja yang sekaligus menyampaikan pesan dan arahan kepada jajaran.

Bagja mengungkapkan bahwa SKPP ini diadakan dengan harapan agar tumbuhnya kesadaran masyarakat dalam hal melakukan laporan. Sebab, laporan dari masyarakat masih minim, hampir semuanya temuan jarang sekali masyarakat yg melapor.

“Maka, dengan adanya SKPP ini harus ada kesadaran yang muncul dari masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam hal pelaporan jika terjadi dugaan pelanggaran”, tegas Bagja saat menyampaikan arahan.

Menyadarkan masyarakat yang sadar akan pentingnya pemilu, tidak cukup dengan waktu beberapa hari saja. Maka diharapkan dengan adanya simpul-simpul kader SKPP ini kesadaran masyarakat terhadap pemilu khususnya dalam hal pengawasan partisipatif akan bertambah

“SKPP juga jadi peluang untuk mengajak menjadi pemantau pemula atau hal-hal lain yang mendorong masyarakat agar berperan aktif dalam keterlibatannya untuk melakukan pengawasan”, imbuhnya

“Jika kita melatih orang lain, maka kita juga harus melatih diri sendiri. Masyarakat tidak perduli dengan divisi di Bawaslu. Yang  mereka ketahui adalah bahwa yang menjadi komisioner harus memahami seluruh tugas tugas kerja lintas divisi yang ada di Bawaslu. Maka SKPP ini menjadi salah satu proses untuk komisioner Kab/Kota melatih dan meningkatkan kapasitas dirinya sebagai pengawas”, pungkas Bagja sekaligus menutup kegiatan Pelatihan Fasilitator SKPP.