Lompat ke isi utama

Berita

Ajak Perempuan dan Disabilitas Aktif dalam Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Kota Bandung Bentuk Forum Warga

forum warga

Bayu Mochamad (Anggota Bawaslu Kota Bandung) sedang memberikan sambutan dalam acara Forum Warga Kota Bandung, Sabtu (13/07) di Hotel Luxton Bandung

Bandung - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandung mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Langkah-langkah strategis pun telah disiapkan untuk memastikan seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih terakomodir.

Anggota Bawaslu Kota Bandung, Bayu Mochamad mengungkap, ada dua kelompok yang masuk kategori rentan dalam proses pemilihan, yakni perempuan dan kaum disabilitas. Menurutnya, kedua kelompok tersebut harus mendapatkan pendampingan agar bisa menyalurkan hak pilihnya.

"Perempuan dan disabilitas ini masuk kategori kaum rentan. Kita ingin memastikan kaum rentan di Kota Bandung semuanya terakomodir hak pemilihnya di tanggal 27 November 2024,” ucap Bayu usai peluncuran Forum Warga Pemilih Perempuan Kota Bandung di Luxton Hotel, Kota Bandung, Sabtu (13/7).

Koordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas tersebut memastikan Bawaslu akan aktif memonitoring berbagai kegiatan yang dilakukan forum warga lebih terarah. Sehingga, nantinya mereka bisa terlibat bersama-sama Bawaslu dalam melakukan pengawasan jalannya Pilkada.

“Forum warga ini merupakan awal, untuk kemudian nanti kita melaksanakan kegiatan-kegiatan yang lebih khusus untuk memberikan pendidikan demokrasi bagi warga Kota Bandung,” ungkap bayu. 

Penuis dan Foto : Reza