Lompat ke isi utama

Berita

Sosialisasi Penanganan Pelanggaran Tindak Pidana Pemilu

Sosialisasi Penanganan Pelanggaran Tindak Pidana Pemilu

BANDUNG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bandung menggelar Sosialisasi Penanganan Pelanggaran Tindak Pidana Pemilu bagi Partai Politik di Kantor Bawaslu Kota Bandung dengan di hadiri perwakilan Partai Politik (Parpol) yang ada di Kota Bandung. Senin (13/6/2022).

Dalam kegiatan tersebut Ketua Bawaslu Kota Bandung, Zaki M Zam zam mengatakan dalam perhelatan Pesta Demokrasi kerapkali berbagai pelanggaran di temukan mulai dari Pelanggaran kode etik, Pelanggaran Administrasi hingga Pelanggaran Tindak Pidana.

Meski banyak di temukan jenis pelanggaran tak sedikit juga dikatakan Zaki, yang belum memahami seperti apa aturan main dalam melaporkan sebuah pelanggaran.

"Dengan adanya sosialisasi ini di harapkan, masyarakat dan Partai politik mengetahui bagaimana tata cara pelapoean, apa bahayanya ketika melanggar peraturan terlebih Pidana, sehingga nantinya pada saat perhelatan pesta demokrasi berjalan, Partai Politik sudah siap dalam berjalan dan tidak akan melanggar rambu rambu yang ada, "ungkapnya.

Hal senada pun di ungkapkan, Jaksa Fungsional dari Kejaksaan Negeri Kota Bandung, Edi.

Edi menggambarkan, ketika perhelatan demokrasi dimulai, seluruh instrumen politik bergerak berlomba lomba memenangi kontestasi tersebut. Tak ayal oknum oknum nakal yang berupaya memenangkan konstentasi melakukan berbagai upaya termasuk hal hal yang di larang seperti hoax, ujaran kebencian, money politik.

Dengan adanya sosialisasi ini, di harapkan seluruh elemen politik saling menjaga dan mengawasi guna mewujudkan Pesta demokrasi yang ama dan lancar di Kota Bandung.

"Yang namanya persaingan kadang kadang ada saja oknum yang berupaya saling jegal dengan cara yang tidak baik padahal itu belum tentu jelas kebenarannya, tapi langsung di sebar luaskan, nah ini perlu di waspadai jangan sampai terpancing berita hoax yang berujung pada kerugian untuk partainya sendiri. sudah saatnya Partai politik juga dewasa dan ikut mengawasi satu sama lain guna mewujudkan Pemilu yang sehat di Kota Bandung,"katanya.

Begitupun di ungkapkan Kanit 1 Sat Intelkam Polrestabes Bandung, IPTU Raun Sihole.

Menurutnya kolaborasi pentahelix dalam menyukseskan Pemilu 2024 akan menjadi kunci penting dalam mewujudkan Pemilu yang jujur, adil, aman, sehat dan berkualitas.

"Kami dari kepolisian, Kejaksaan, Bawaslu serta masyarakat dan media akan senantiasa berkolaborasi dalam mengawal dan mengawasi setiap tahapan pesta demokrasi, "tandasnya.